8 Cara Membuat Daftar Isi secara Otomatis di Ms. Word - KOMPUTER DI MADIUN | WA 0813 5930 4039 | PROMO KURSUS

Breaking

Selasa, 08 Oktober 2019

8 Cara Membuat Daftar Isi secara Otomatis di Ms. Word




kursus komputer madiun yang terpercaya bisa klikdisini kursus murah komputer, kursus komputer,kursus komputer magetan, kursus komputer nganjuk, kursus komputer ponorogo, kursus privat,kursus madiun,kursus office madiun,kursus bersertifikat, kursus murah,kursus komputer pemula,kursus yang beralamat Jl.Graha Manis No.10 Perum 2 Manisrejo Taman Kota Madiun

8 Cara Membuat Daftar Isi secara Otomatis di Ms. Word

Kali ini kita akan membahas teknik menulis tentang daftar isi suatu dokumen dan bagaimana teknik membuatnya menggunakan Microsoft Word. Daftar isi adalahsalah satu komponen penting dalam suatu dokumen atau file. Untuknya ialah untuk mempermudah pembaca memahami apa saja informasi dalam dokumen tersebut.
Dalam suatu buku, daftar isi ialah salah satu komponen yang mesti ada. Oleh sebab itu, semua penulis wajib mencantumkan daftar isi dalam naskah bukunya. Tidak hanya dalam penulisan buku, daftar isi pun penting dalam penulisan karya tulis ilmiah seperti skripsi, makalah, tesis, disertasi, dan lain-lain. Apa saja manfaat daftar isi pada suatu buku?
Pertama, informasi awal tentang apa saja yang akan dibahas pada buku tersebut. Memang beberapa buku menyebutkan sinopsisnya di bagian belakang buku untuk memberi tahu pembaca mengenai garis besar topik-topik yang akan dibicarakan pada buku tersebut. Daftar isi berisi informasi mengenai topik-topik bahasan pada buku secara lebih mendetail yang mencakup bab dan subbab.
Kedua, memudahkan pembaca menemukan informasi dalam buku. Isi buku dikelompokkan menurut bab dan subbabnya. Untuk memudahkan pembaca menemukan bab ulasan yang dicari, maka dibutuhkan adanya daftar isi. Karena pada daftar isi ada informasi halaman atau alamat dimana bab tersebut berada. Oleh sebab tersebut dengan adanya daftar isi pembaca pun dimudahkan untuk mencari halaman pada buku tersebut.
Ada banyak cara untuk membuat daftar isi dengan menggunakan software office di komputer. Ini dapat dibuat dengan teknik manual, semimanual, dan otomatis. Kebanyakan orang masih menggunakan teknik manual untuk membuat daftar isi. Hal ini sebab mereka belum tahu teknik membuat daftar isi secara otomatis. Bahkan terdapat yang tidak tahu bahwa daftar isi dapat dibuat secara otomatis.
Dengan teknik manual penulis masih mesti mengisikan nomor halaman masing-masing bab satu persatu. Cara ini menjadi tidak efektif jika kemudian terjadi perubahan nomor halaman sebab adanya penambahan teks atau perubahan bentuk artikel. Contohkan bab pengantar yang tadinya berada pada halaman 3, namun sebab adanya penambahan gambar kembali menjadi halaman 4. Jika mesti diedit satu per satu pasti akan menyulitkan penulis.
Pada artikel teknik menulis ini bakal kita bahas bagaimana teknik membuat daftar isi yang otomatis dengan software office di komputer. Dalam hal ini kita akan menggunakan Microsoft Word 2010.
1.      Buatlah file di Microsoft Word! Kemudian, pilih menu References, kemudian pilih Table of Contents. Kita dapat memilih cocok dengan kebutuhan. Sebagai contoh, di sini kita memilih tipe Automatic Table 1. Setelah itu, pada layar akan muncul. Di situ terdapat penjelasan bahwa Table of Content atau daftar isi belum ditemukan. Itu sebab memang terdapat langkah-langkah yang mesti digarap terlebih dahulu.
2.      Selanjutnya kita buat dulu bab atau subbab apa saja yang akan tertera pada daftar isi. Contohnya ialah sebagai berikut
§  Kata pengantar
§  Prolog
§  Pendahuluan
§  Pengenalan Ms. Word

§  Manfaat menggunakan Ms. Word
§  Cara menggunakan Ms. Word
§  Tentang Penulis
§  Indeks
§  Bab-bab di atas ditulis di halaman yang berbeda-beda.


kursus komputer di madiun yang terjamin bisa klikdisini ,kursus komputer
madiun,kursus komputer privat di madiun kota madiun jawa timur ,tempat kursus
komputer di madiun ,biaya kursus komputer di madiun ,kursus desain di madiun,
kursus desain madiun ,kursus desain grafis di madiun ,kursus desain grafis
madiun ,kursus teknik di madiun



3.      Atur style-nya artikel pada judul bab menjadi Heading 1 atau Heading 2. Caranya ialah blok artikel kemudian pada kolom Styles di Home pilih Heading 1 atau Heading 2. Lakukan penggantian style pada seluruh judul di masing-masing halaman!
4.      Jika sudah, tahap selanjutnya ialah memberi halaman atau Page Numbers. Caranya, kita pilih menu Insert, kemudian pada kolom Header & Footer, pilih Page Number.
5.      Ketika kita klik Page Number, kita akan melihat pilihan. Kita dapat memilih apakah nomor halaman akan diletakkan di bagian atas, bawah, kiri, kanan, atau tengah. Dalam contoh kali ini kita akan menggunakan nomor halaman di tengah bawah.
6.      Tahap selanjutnya yakni kembali ke halaman pertama di mana kita letakkan daftar isi tadi. Lalu klik update table.
7.      Setelah kita klik update table maka akan muncul tampilan
8.      Selanjutnya, jika nanti ada perubahan halaman atau perubahan judul, Kita tinggal meng-update table seperti pada tahapan keempat. Nantinya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Pilih Update Page Numbers Only jika tidak ada perubahan pada nama judul dan pilih Update Entire Table jika terdapat perubahan nama judul atau penambahan judul.

Teknik menulis tentang pembuatan daftar isi secara otomatis ini bakal sangat mempermudah Kita saat membuat dokumen dalam ukuran besar seperti naskah buku, naskah skripsi, makalah, dan lain-lain. Dalam praktiknya, kita juga dapat menggunakan teknik tersebut pada Ms. Word 2007 atau 2013.




MORE INFO
Alamat : Jl. Graha Manis No. 10 Perum 2 Manisrejo Taman Kota Madiun
Telp. / Wa : 0813 5930 4039
Instagram : lkpfitrialbaasitu
Facebook : Fitri Al-Baasitu

Postingan Populer