4 Cara Membuat Tabel di Word beserta Modifikasinya - KOMPUTER DI MADIUN | WA 0813 5930 4039 | PROMO KURSUS

Breaking

Selasa, 08 Oktober 2019

4 Cara Membuat Tabel di Word beserta Modifikasinya




kursus komputer madiun yang terpercaya bisa klikdisini kursus murah komputer, kursus komputer,kursus komputer magetan, kursus komputer nganjuk, kursus komputer ponorogo, kursus privat,kursus madiun,kursus office madiun,kursus bersertifikat, kursus murah,kursus komputer pemula,kursus yang beralamat Jl.Graha Manis No.10 Perum 2 Manisrejo Taman Kota Madiun


4 Cara Membuat Tabel di Word beserta Modifikasinya


Tabel ialah sekumpulan kotak yang tersusun ke dalam baris dan kolom. Tabel dapat dipakai untuk mengatur jenis konten, khususnya jika pekerjaan Anda ialah mengolah teks atau data numerik supaya mudah dipahami. Dengan Microsoft Word, Anda bisa menambahkan tabel kosong atau mengolah teks / konten yang terdapat menjadi sebuah tabel dengan cepat. Biasanya, mengolah teks menjadi tabel ini diterapkan pun pada teknik membuat brosur dengan Microsoft Word, dimana konten dalam sebuah brosur mesti singkat, padat, dan jelas. anda juga dapat menyesuaikan tabel yang anda buat memakai gaya dan tampilan yang berbeda-beda. Itulah salah satu fungsi software pengolah kata dari Microsoft Corp. ini yang dapat Anda manfaatkan.
Lalu, seperti apa teknik membuat tabel di Word? Nah, pada artikel kali ini,  akan menjelaskan semuanya. Oh iya, pastikan Anda sudah melakukan teknik install Microsoft Office di komputer atau laptop anda yahh. Jika belum, yahh install. Pada contoh di bawah ini,  memakai Microsoft Word 2016. Jika Anda memakai Microsoft Word versi 2016 ke bawah (2007, 2010, atau 2013), anda masih dapat mengikuti cara-cara di bawah ini. Tentu saja dengan sedikit penyesuaian karena dapat jadi ada beberapa tampilan pada Microsoft Word yang anda untukkan berbeda dengan tampilan di Microsoft Word 2016. Oke, sebagai berikut informasinya untuk Anda:

       1.      Menambahkan tabel kosong
Tentu saja, Anda mesti menambahkan sebuah tabel kosong pada lembar Word Anda. Cara menambahkannya cukup mudah kok, sebagai berikut cara-caranya:
·         Tempatkan kursor teks di mana Anda akan menambahkan tabel. Kursor teks ini berbentuk garis yang berkedip di lembar Word Anda. Apakah Anda telah menemukannya?
·         Lalu, pilih tab Insert pada menu bar Word 2016, kemudian klik “Table”
·         Selanjutnya akan muncul menu drop-down yang berisi kotak-kotak. Nah, seret kursor mouse anda dari kotak kiri atas untuk memilih jumlah kolom dan baris yang anda inginkan. Sesuaikan jumlah kotak yang berwarna jingga supaya sesuai dengan keinginan Anda. Contoh, jika Anda akan membuat tabel dengan 6 kolom dan 6 baris seperti pada gambar di bawah, maka anda menyeret kursor mouse dari kotak kiri atas ke 6 kotak dari kiri dan 6 kotak dari atas.
·         Untuk mengkonfirmasi jumlah kolom dan baris yang anda keakani, lepaskan jari anda dari tombol kiri mouse. Selanjutnya, tabel akan muncul dengan jumlah kolom dan baris cocok keakan Anda.memilih jumlah sel
·         Untuk memasukkan teks ke dalam tabel, tempatkan kursor teks di masing-masing kotak, baru deh Anda dapat mulai mengetik.

Untuk berpindah dari satu kotak ke kotak sebelahnya, Anda dapat menggunakan tombol Tab atau tombol panah pada keyboard. Jika kursor teks sedang di kotak terakhir, saat Anda menekan tombol Tab, maka kursor teks akan secara otomatis membuat baris baru.

       2.      Mengubah teks yang terdapat menjadi tabel
Sebuah saat, dapat saja Anda menemukan teks yang dapat diubah menjadi tabel. Seperti pada contoh ini, dimana masing-masing baris teks berisi bagian dari checklist, tugas-tugas dan hari dalam seminggu. Item-item dari tiap bagian dipisah dengan tab. Word dapat mengolah informasi ini ke dalam tabel, dengan teknik menggunakan karakter tab untuk memisahkan data ke dalam kolom. Berikut ini caranya:
·         Pilih teks yang akan diolah menjadi tabel
·         Buka tab Insert, kemudian klik “Table”.
·         Pilih “Convert Text to Table” dari menu drop-down.
·         Selanjutnya, akan muncul sebuah kotak dialog. Pilih salah satu pilihan pada bagian “Separate text at”. Fungsi dari opsi-opsi ini ialah untuk mengatur bagaimana Word memahami apa yang mesti dimasukkan ke dalam masing-masing kolom pada tabel yang akan dibuat menurut teks. Pada contoh kali ini, anda akan memisahkan data dalam teks menurut tab, maka pilih “Tabs” pada bagian “Separate text at”.
·         Klik OK. Dan voila, sekarang teks Anda telah tersaji dalam format tabel.

Oh iya, anda juga dapat kok menambahkan tabel dari file Excel ke dalam dokumen Word. Caranya gimana? Coba deh anda simak artikel  seputar teknik merubah Excel ke Word yang pernah  bahas di website ini.

       3.      Memodifikasi tabel
Setelah anda menerapkan teknik membuat tabel di Word yang sudah  berikan di atas, sekarang Anda dapat mengatur tabel itu supaya sesuai keinginan. Dengan Word, anda juga dapat mengganti tampilan tabel yang sudah ditambahkan ke dalam dokumen anda dengan mudah. Ada beberapa pilihan modifikasi, tergolong menambahkan baris atau kolom dan mengolah gaya layout tabel. Berikut ini cara-caranya:
a.       Menambahkan baris atau kolom
·         Arahkan kursor mouse anda di luar tabel yang akan Anda tambahkan baris atau kolom. Bagi Word 2016, klik tanda plus yang muncul
·         Dan voila, jadilah sebuah baris atau kolom baru yang ditambahkan ke dalam tabel.

Di samping dengan teknik di atas, Anda pun dapat menambahkan kolom atau baris pada tabel dengan teknik klik kanan tabel, kemudian pilih Insert untuk melihat sekian banyak  pilihan baris dan kolom. Anda dapat memilih untuk menambahkan kolom di kiri atau kanan kotak, serta menambahkan baris di atas atau bawah kotak yang anda klik. Cara ini ialah cara satu-satunya untuk menambahkan baris atau kolom tabel pada Word 2016 ke bawah.

b.      Menghapus baris atau kolom
Jika tadi Anda telah tahu teknik menambahkan kolom atau baris pada tabel, sekarang  akan menunjukkan teknik menghapus baris atau kolom pada tabel yang anda tambahkan di Word. Berikut ini caranya:
·         Tempatkan kursor teks di baris atau kolom yang akan Anda hapus.

·         Klik kanan, kemudian pilih “Delete Cell”.
·         Lalu, sebuah kotak dialog akan muncul. Anda dapat memilih “Delete entire row” untuk menghapus satu baris atau “Delete entire column” untuk menghapus satu kolom, kemudian klik OK.
·         Baris atau kolom telah dihapus.

c.       Menerapkan gaya pada tabel
Fitur gaya pada layout tabel memungkinkan anda untuk mengolah tampilan dan layout dari tabel anda dengan singkat dan mudah. Fitur ini memiliki beberapa elemen desain, tergolong warna, border, dan font. Gimana sih teknik menggunakannya?
·         Klik kotak mana saja di tabel Anda, kemudian klik tab “Design” pada ribbon “Table Tools”.
·         Cari bagian “Table Styles”, kemudian klik drop-down “More” untuk melihat daftar lengkap dari gaya-gaya yang tersedia.
·         Pilih gaya tabel yang diinginkan.
·         Dan jreng jreng, gaya tabel yang anda pilih sekarang sudah diterapkan pada tabel yang anda pilih.

d.      Mengubah opsi gaya tabel
Setelah anda memilih gaya untuk tabel yang anda buat, anda dapat menggiatkan atau menonaktifkan sekian banyak  pilihan untuk mengolah tampilan tabel itu. Ada enam pilihan, yaitu: Header Row, Total Row, Banded Rows, First Column, Last Column, dan Banded Columns. Berikut ini caranya:
·         Klik pada kotak mana saja di tabel Anda, kemudian pilih tab “Design” pada menu bar.
·         Cari bagian “Table Style Options”, kemudian centang atau hapus centang dari pilihan yang dikeakani.
·         Eng ing eng, sekarang gaya yang diterapkan pada tabel Anda telah dimodifikasi.
·         Pilihan gaya tabel- banded columns

Opsi-opsi yang terdapat akan tergantung pada Tabel Style yang anda pilih. Sehingga opsi-opsi pada bagian “Table Style Options” dapat jadi mempunyai efek yang berbeda pada tabel Anda. Coba deh anda lakukan percobaan untuk menemukan tampilan tabel yang anda inginkan.



kursus komputer madiun yang terpercaya bisa klik disini kursus murah komputer, kursus komputer,kursus komputer magetan, kursus komputer nganjuk, kursus komputer ponorogo, kursus privat,kursus madiun,kursus office madiun,kursus bersertifikat, kursus murah,kursus komputer pemula,kursus yang beralamat Jl.Graha Manis No.10 Perum 2 Manisrejo Taman Kota Madiun                                     


e.       Mengatur border pada tabel
Apa itu border? Sesuai dengan definisinya dalam Bahasa Indonesia, border ialah garis yang memberi batas kotak-kotak pada tabel. Kotak ini bermanfaat untuk menegaskan perbedaan konten pada masing-masing kotak di tabel. anda ga perlu untuk melakukan teknik membuat garis di Microsoft Word untuk membuat border ini, sebab Microsoft Word telah menyediakan perintah khusus untuk itu. Gimana teknik mengatur border pada tabel di Word? Berikut ini caranya.
·         Pilih kotak (atau beberapa kotak) pada tabel yang akan ditambahkan border.
·         Pilih tab “Design”, kemudian pada bagian “Borders”, sesuaikan Line Style, Line Weight, dan Pen Color, cocok keinginan.
·         Klik panah drop-down di bawah “Borders”.
·         Pilih di antara jenis border dari menu drop-down yang muncul.
·         Selanjutnya, anda akan melihat border yang diterapkan pada kotak yang dipilih.

       4.      Memodifikasi tabel memakai tab Layout
Di Word, tab Layout akan muncul setiap kali anda memilih tabel Anda. Tab ini berada pada ribbon “Table Tools”. Anda bisa menggunakan beberapa perintah pada tab ini untuk memodifikasi layout atau tata letak pada tabel Anda. Berikut ini kendali layout atau tata letak tabel pada Word:
·         “Rows and Columns”: Perintah ini bermanfaat untuk memasukkan atau menghapus baris dan kolom tabel dengan cepat. Hal ini bisa sangat bermanfaat jika Anda akan menambahkan konten baru di tengah tabel Anda.
·         “Merge dan Split Cells”: Beberapa tabel terkadang memerlukan tata letak yang tidak cocok dengan layout kotak standar. Anda dapat saja akan menggabungkan beberapa kotak yang berdampingan pada tabel menjadi satu kotak atau membagi sel menjadi dua. Untukkan perintah ini untuk mengerjakan hal itu.
·         “Change Cell Size”: Dengan perintah ini, Anda dapat mengatur tinggi baris atau lebar kolom pada tabel anda sesuai keinginan secara manual. anda juga dapat menggunakan perintah AutoFit, fitur untuk menyesuaikan lebar kolom dan tinggi baris secara otomatis menurut teks yang sedang di dalam kotak tabel.
·         “Distribute Rows/Columns”: Agar tabel anda terlihat apik dan terorganisir, Anda dapat jadi akan mendistribusikan baris atau kolom yang sama. Ini akan membuat kotak-kotak pada tabel anda mempunyai ukuran yang sama. anda dapat menerapkan perintah ini untuk semua kotak pada tabel atau hanya sebagian saja.
·         “Align Cell Text”: Dengan perintah ini, anda dapat mengolah perataan teks di dalam tabel yang anda buat. Anda dapat mengaturnya menjadi rata kiri atas, rata kiri tengah, rata kiri bawah, dan sebagainya.
·         “Change Text Direction”: Dengan perintah ini, anda dapat mengolah arah teks dari horizontal menjadi vertikal dengan mudah.

Sekian artikel  kali ini seputar teknik membuat tabel di Word. Semoga informasi yang  berikan dalam artikel ini dapat menolong Anda untuk mengelola tabel di dokumen Word anda dengan baik.




        MORE INFO
Alamat : Jl. Graha Manis No. 10 Perum 2 Manisrejo Taman Kota Madiun

Telp. / Wa : 0813 5930 4039
Instagram : lkpfitrialbaasitu
Facebook : Fitri Al-Baasitu

Postingan Populer