8 Segala Hal mengenai Kursor Laptop Tidak Bergerak (Penyebab dan Cara Mengatasinya) - KOMPUTER DI MADIUN | WA 0813 5930 4039 | PROMO KURSUS

Breaking

Senin, 21 Oktober 2019

8 Segala Hal mengenai Kursor Laptop Tidak Bergerak (Penyebab dan Cara Mengatasinya)




kursus komputer madiun yang terpercaya bisa klikdisini kursus murah komputer, kursus komputer,kursus komputer magetan, kursus komputer nganjuk, kursus komputer ponorogo, kursus privat,kursus madiun,kursus office madiun,kursus bersertifikat, kursus murah,kursus komputer pemula,kursus yang beralamat Jl.Graha Manis No.10 Perum 2 Manisrejo Taman Kota Madiun



8 Segala Hal mengenai Kursor Laptop Tidak Bergerak (Penyebab dan Cara Mengatasinya)


Mungkin, sesudah Anda mengamati judul artikel ini, anda memjugayai pertanyaan, apa itu kursor? Jadi kursor itu ialah penunjuk pada layar laptop atau komputer Anda. Nama lain dari kursor ialah pointer. Lalu, seperti apa wujudnya? Jika anda menggerak-gerakkan mouse Anda, anda akan melihat tanda panah yang bergerak kan? Nah tanda panah itulah yang disebut kursor.
Ketika anda beradakonsentrasi untuk melakukan tugas, atau mungkin beradaasyik bermain game di laptop Anda, kemudian tiba-tiba kursornya tidak bergerak sama sekali. Hal itu tentu buat Anda bete kan? Nah, pada kesempatan kali ini, kami jugaya informasi untuk menyelesaikan masalah itu, yaitu masalah kursor laptop tidak bergerak. Informasi yang kami sampaikan ini berupa penyebab dan teknik mengatasinya. Baiklah, mari anda mulai pembahasannya.
Ada banyak  penyebab kursor mouse tidak bergerak secara tiba-tiba. Yang pasti, seluruh penyebabnya berkaitan dengan mouse atau touchpad laptop Anda. Hal itu mengingat kedua komponen itu ialah beberapa dari perangkat input dan output komputer yang sering diuntukkan oleh pengguna komputer. Nah, berikut ini penyebab-penyebabnya:

       1.      Mencabut mouse terlalu kasar
Pernah ga Anda menarik keluar mouse yang tersambung di laptop anda secara kasar? Cara kasar yang dimaksud ini ialah Anda menarik kabel mouse untuk melepaskan sambungan mouse pada port USB laptop. Cara itu bisa mengakibatkan putusnya kabel tembaga yang berada di dalam kabel mouse itu. Putus kabel berikut yang membuat kursor mouse bisa tidak bergerak tiba-tiba saat diuntukkan.

        2.      Touchpad terkena pukulan atau benturan yang lumayan keras
Apakah touchpad laptop anda pernah terkena pukulan yang lumayan keras? Baik tidak sengaja atau disengaja (lagian siapa juga yang mau mukulin touchpad?) Jika pernah, bisa jadi penyebab kursor laptop tidak bergerak ialah kerusakan touchpad yang disebabkan oleh pukulan atau benturan yang lumayan keras itu.

       3.      Touchpad atau mouse dinonaktifkan
Poin ini berlaku jika Anda menggunakan touchpad atau mouse wireless. Jika kursor laptop anda tidak bergerak, bisa jadi touchpad laptop atau mouse wireless anda tidak diaktifkan. Hal itu mungkin bisa terjadi sebab Anda tidak sengaja menekan tombol untuk menonaktifkan touchpad laptop, atau mungkin sebab Anda tak sempat untuk menyalakan kembali mouse wireless Anda sesudah dinonaktifkan.

       4.      Mouse tidak tersambung dengan benar
Jika Anda sudah menyambungkan mouse anda ke laptop, namun kursor laptop tidak bergerak, bisa jadi hal itu karena koneksi mouse pada port mouse laptop anda tidak tersambung dengan baik. Hal itu seringkali terjadi pada laptop atau mouse (berkabel) yang sudah lumayan lama dipakai.
Oh iya, port untuk koneksi mouse dengan laptop hanya tersedia dalam port USB saja. Meskijuga jenis-jenis port pada komputer lumayan banyak, tetapi untuk mouse, seringkali ada dua jenis port yang diuntukkan, yaitu port PS/2 dan USB.

       5.      Touchpad kotor
Yup, sebagai perangkat yang sering bersentuhan dengan jari manusia, maka touchpad rawan terkena kotor dari jari tangan Anda. Contohnya saja seperti minyak, air, atau keringat pada jari Anda. Di samping itu, touchpad yang jarang dibersihkan pada bagian dalamnya bakal rawan terkena debu yang berpotensi bisa mengakibatkan adanya hubung singkat pada papan PCB touchpad di laptop Anda.

       6.      Driver touchpad tiba-tiba hilang
Kasus ini memang jarang terjadi. Namun, bisa saja driver dari touchpad anda tiba-tiba menghilang sebab Anda menginstal suatu software yang ternyata dominan  pada driver touchpad laptop Anda. Meskijuga keliatannya fatal, tetapi sekali lagi, permasalahan ini jarang terjadi dalam hal penyebab kursor laptop tidak bergerak.
Atau bisa jadi, anda menginstal driver touchpad yang tidak cocok dengan laptop Anda. Hal ini jelas menyebabkan touchpad anda tidak terbaca oleh laptop karena seringkali setiap driver touchpad memjugayai pengaturan sendiri yang disesuaikand dengan touchpad aslinya.

        7.      Kesalahan pengaturan touchpad
Adanya kesalahan pada pengaturan touchpad ternyata bisa dominan  pada tidak bergeraknya kursor laptop Anda. Kesalahan itu bisa terjadi sebab ketidaktahuan pengguna atau sebab adanya pengaturan touchpad yang sengaja diatur oleh aplikasi lain di laptop Anda. Software itu bisa jadi ialah software berbahaya karena mengolah pengaturan hardware tanpa sepengetahuan pengguna laptop itu. Jika touchpad Anda sering tidak bergerak sesudah Anda menginstal aplikasi pada laptop Anda, anda patut waspada terhadap aplikasi yang baru anda instal itu.

      8.      Hardware touchpad atau mouse sudah rusak
Di dunia ini tak ada yang sempurna dan abadi, termasuk juga touchpad laptop atau mouse yang Anda pakai (baik mouse berkabel ataujuga wireless). Sewaktu-waktu, perangkat Anda itu tentu akan mengalami saat dimana sudah tidak bisa kembali diuntukkan. Jika mouse atau touchpad laptop Anda sudah berumur lama dan sudah menunjukkan fenomena kerusakan, bisa jadi sudah saatnya untuk Anda untuk menggantinya dengan yang baru.



kursus komputer di madiun yang terpercaya bisa klikdisini  ,kursus komputer madiun ,kursus komputer privat di madiun kota madiun jawa timur ,tempat kursus komputer di madiun ,biaya kursus komputer di madiun ,kursus desain di madiun ,kursus desain madiun ,kursus desain grafis di madiun ,kursus desain grafis madiun ,kursus teknik di madiun

Nah, sesudah Anda mengetahui banyak  penyebab kenapa kursor laptop anda tidak bergerak, sekarang mari anda simak teknik untuk mengatasi masalah kursor laptop tidak bergerak ini. Berikut ulasannya:

1.  Bersihkan touchpad
Cara ini bermanfaat untuk mengatasi penyebab kursor laptop tidak bergerak poin 5, yaitu touchpad yang kotor. Touchpad laptop mesti berada dalam situasi bersih supaya tidak mengganggu sensitifitas sentuhan dari jari ke touchpad. Cara untuk membersihkannya ialah mengusapkan kain lap bersih ke touchpad laptop. Untuk mencuci bagian dalamnya, Anda mesti membongkar dulu casing laptop yang terhubung dengan keyboard laptop Anda, baru Anda bisa membersihkan debu-debu yang ada di dalam touchpad laptop Anda.

2.  Download driver touchpad resmi
Agar touchpad laptop Anda bisa beroperasi secara optimal, garansi Anda mengunduh driver touchpad yang dirilis oleh produsen laptop Anda. Hal itu sebab produsen laptop Anda sudah menyesuaikan laptop buatan mereka dengan komponen touchpad yang dikeluarkan oleh produsen touchpad laptop.
Bagaimana jika ternyata produsen laptop anda tidak merilis driver touchpad di website mereka? Tenang, anda masih bisa menggunakan aplikasi pencari driver tanpa koneksi internet. Caranya lumayan masukkan CD software ke CD Drive laptop Anda, kemudian mulai proses instalasi driver melalui software itu.

3.  Atur kembali pengaturan touchpad
Jika Anda mengalami salah pengaturan touchpad, maka atur kembali pengaturan touchpad Anda supaya bisa kembali beroperasi secara normal. Lah, kan kursor laptop saya tidak bergerak, gimana metodenya untuk mengatur kembali? Anda bisa mengakalinya menggunakan mouse (baik berkabel ataujuga wireless) pinjaman atau Anda bisa menggunakan keyboard sebagai navigasi sedangkan pada laptop Anda.

4.  Pasang kembali mouse dengan benar
Pastikan mouse yang anda hubungkan ke laptop Anda sudah tersambung dengan benar. Hal ini berlaku baik untuk mouse berkabel dan juga mouse wireless (nirkabel). Cara mengetahui mouse Anda sudah tersambung dengan laptop ialah buka Control Panel > Device Manager. Cek pada bagian “Human Interface Devices” atau “Mice and other pointing devices”, apakah ada nama perangkat mouse Anda.

5.  Aktifkan kembali mouse wireless atau touchpad Anda
Untuk mengaktifkan mouse wireless atau touchpad pada laptop Anda, metodenya ada banyak  macam. Untuk mengaktifkan mouse wireless, anda ubah posisi switch mouse wireless dari OFF menjadi ON. Sedangkan untuk mengaktifkan touchpad pada laptop, anda tekan kombinasi tombol pada keyboard yang dicocokkan dengan merek  laptop Anda. Berikut beberapa kombinasi tombol keyboard dari tiap merek  laptop:
§  Mac menggunakan tombol Fn + F
§  Acer menggunakan tombol Fn + F7
§  Toshiba menggunakan Fn + F9 atau pada laptop jenis tertentu ada tombol khusus touchpad di sisi touchpad
§  Asus menggunakan Fn + F3 atau Fn + F7
§  Dell menggunakan Fn + F7
§  Lenovo menggunakan Fn + F6
§  HP menggunakan tombol atau area khusus untuk mengaktifkan touchpad

6.  Ganti dengan yang baru
Jika ternyata touchpad atau mouse Anda sudah rusak, mau tidak mau Anda mesti menggantinya dengan yang baru. Jika kerusakan terjadi pada touchpad, Anda bisa menggantinya dengan mouse. Macam-macam mouse sudah banyak kok yang dipasarkan di pasaran, baik yang berkabel maujuga yang wireless. Sedangkan jika yang rusak ialah mouse, Anda bisa membeli mouse yang baru.

7.  Bawa ke Service Center
Jika mouse anda masih ada harapan untuk diperbaiki, Anda bisa kok melakukan beberapa cara membetulkan mouse yang pernah kami terbitkan di website ini. Namun, jika touchpad laptop anda masih bisa untuk diperbaiki, segeralah bawa laptop anda ke service center yang terpercaya. Karena touchpad adalahkomponen yang menyatu dalam laptop, maka Anda mesti membackup data-data pada laptop Anda jika Anda tetap akan menjaga produktifitas kegiatan Anda selama laptop anda diperbaiki.
Anda memang bisa melakukan beberapa cara membetulkan touchpad laptop. Namun jika laptop anda masih dalam masa garansi, garansi Anda pakai masa itu untuk melakukan perbaikan di service center resmi dari produsen laptop Anda.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan seputar kursor laptop yang tidak bergerak, mulai dari penyebab hingga teknik mengatasinya. Semoga artikel kami kali ini bisa membantu anda untuk mengatasi kursor yang tidak bergerak pada laptop Anda.






       MORE INFO
Alamat : Jl. Graha Manis No. 10 Perum 2 Manisrejo Taman Kota Madiun
Telp. / Wa : 0813 5930 4039
Instagram : lkpfitrialbaasitu

Facebook : Fitri Al-Baasitu

Postingan Populer