13 Jenis Virus yang Menyerang Komputer dan Cara Mengatasinya - KOMPUTER DI MADIUN | WA 0813 5930 4039 | PROMO KURSUS

Breaking

Jumat, 18 Oktober 2019

13 Jenis Virus yang Menyerang Komputer dan Cara Mengatasinya





kursus komputer madiun yang terpercaya bisa klikdisini kursus murah komputer, kursus komputer,kursus komputer magetan, kursus komputer nganjuk, kursus komputer ponorogo, kursus privat,kursus madiun,kursus office madiun,kursus bersertifikat, kursus murah,kursus komputer pemula,kursus yang beralamat Jl.Graha Manis No.10 Perum 2 Manisrejo Taman Kota Madiun



13 Jenis Virus yang Menyerang Komputer dan Cara Mengatasinya

Sering bisa membuat hilangnya file atau dokumen penting saja, ternyata virus juga bisa membuat sebuah komputer menjadi error dan yang lebih parah bahkan mengalami kerusakan. Efek buruk yang ditimbulkan oleh virus pasti saja sangat mengganggu kinerja dari komputer, sekaligus bisa menghambat kegiatan kita menggunakan komputer, seperti saat melakukan tugas dan lain sebagainya.
Di samping itu, bahaya virus komputer yang lainnya adalah yakni bisa memperbanyak dirinya sendiri secara otomatis dan kemudian menyerang sistem-sistem penting komputer tanpa terdeteksi. Hal itulah yang kemudian membuat kinerja komputer menjadi sangat lambat hingga banyak program error yang tentunya sangat merepotkan.
Terlepas dari hal itu, ternyata virus sendiri sering berjenis satu saja, tetapi ada banyak sekali jenis virus yang sering menyerang komputer. Virus-virus ini bahkan juga mempunyai kemampuan masing-masing dengan berbeda-beda bahaya yang ditimbulkan. Berikut ini adalah beberapa jenis virus yang sering menyerang komputer.

       1.      Trojan
Trojan adalah salah satu jenis virus komputer yang dibuat dengan tujuan mencuri data dan bahkan bisa dipakai untuk mengendalikan data yang ada di dalam komputer korban. Virus ini sendiri biasanya muncul melalui internet dan juga email yang diterima oleh pengguna. Lewat media itu pulalah Trojan menginfeksi komputer pengguna. Maka dari itu, anda harus berhati-hati saat mengakses internet maupun membuka email, sebab virus ini bisa mencuri informasi berharga yang ada pada komputer.
Ditinjau dari teknik kerjanya, Trojan sendiri sebetulnya bukan berjenis virus, namun sebab sifat dari Trojan ini mengganggu kinerja komputer, maka banyak orang-orang yang menggolongkannya sebagai salah satu jenis virus komputer
Cara Mengatasinya
Cara yang sering dipakai pengguna komputer untuk membersihkan Trojan dari komputer adalah dengan menggunakan antivirus yang dibuat khusus untuk virus Trojan, seperti Trojan Remover atau Trojan Hunter. Anda bisa saja menggunakan antivirus lain khusus Trojan di samping yang disebutkan di atas.

       2.      Worm
Meskijuga tidak terlalu berbahaya, tetapi jika dibiarkan terus menerus maka virus ini akan membuat penyimpanan komputer anda penuh dengan sangat cepat. Pasalnya, Worm sendiri adalahsalah satu virus yang mempunyai kemampuan menggandakan diri. Tentu saja ini tidak bisa terlalu lama dibiarkan berada di dalam komputer. Di samping itu, Worm bisa menginfeksi komputer pengguna melalui email dan jaringan internet, sama halnya dengan Trojan.
Cara Mengatasinya
Sedangkan teknik mengatasinya, pengguna bisa melakukan pembersihan menggunakan Antivirus Pro supaya bisa lebih optimal hasilnya.

      3.      Memory Resident Virus
Memory Resident Virus adalahjenis virus komputer yang dibuat untuk menginfeksi memori RAM. Tentu efek yang ditimbulkan dari virus ini bakal mengganggu program komputer dan bahkan bisa membuat komputer menjadi sangat lambat. Adajuga Memory Resident Virus bakal aktif secara otomatis saat sistem operasi komputer dinyalakan.
Cara Mengatasinya
Sementara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan antivirus seperti Smadav, Avast, Avira dan lain sebagainya.

       4.      Multipartite Virus
Fungsinya sendiri sebenarnya hampir sama dengan Memory Resident Virus, yaitu sama-sama menyerang memori RAM yang kemudian akan menginfeksi sistem operasi tertentu kemudian setelah itu merambah keUntukan hardisk. Jika tidak diatasi dengan segera maka virus ini akan sangat menggangu. Pasalnya, Multipartite Virus sendiri mempunyai kemampuan menyerang dengan cepat sehingga dinilai sangat membahayakan kesehatan RAM maupun Hardisk komputer anda.
Cara Mengatasinya
Anda bisa membersihkan Multipartite Virus dengan teknik melakukan Defrag Hardisk secara teratur menggunakan Disk Defragmenter serta membersihkan adanya bad sector pada partisi hardisk.

       5.      Web Scripting Virus
Web Scripting sebetulnya bukan sebuah virus, melainkan adalah sebuah kode program yang dipakai untuk mengoperasikan konten yang ada dalam website. Kenapa jadi digolongkan sebagai virus? Meskijuga kegunaannya demikian, namun sebab Web Scripting sering mengganggu program-program pada komputer, hal itulah yang kemudian membuatnya digolongkan sebagai salah satu virus yang mempunyai nama Web Scripting Virus.
Cara Mengatasinya
Mengatasi virus ini tergolong mudah saja, pengguna bisa melakukan permbersihan secara teratur dengan Microsoft tool bawaan Windows atau juga software antivirus lainnya.

       6.      FAT Virus
FAT Virus atau File Allocation Table Virus adalah sejenis virus komputer yang mempunyai kemampuan untuk merusak file yang ada pada perangkat komputer kita. Di samping itu, kemampuan virus ini yang sangat berbahaya adalah bisa dengan mudah menyebunyikan berbagai  file penting kita, sehingga seolah-olah file itu hilang atau sudah terhapus.
Cara Mengatasinya
Adajuga teknik mengatasinya sendiri tergolong sedikit lebih susah, sebab pengguna mesti memperhatikan setiap data yang tersimpan dalam folder yang ada pada penyimpanan kita. Dan misalkan ada file-file mencurigakan yang tidak pernah anda buat dan simpan sebelumnya, berarti data itu adalah FAT Virus.

 kursus komputer di madiun yang terpercaya bisa klikdisini  ,kursus komputer madiun ,kursus komputer privat di madiun kota madiun jawa timur ,tempat kursus komputer di madiun ,biaya kursus komputer di madiun ,kursus desain di madiun ,kursus desain madiun ,kursus desain grafis di madiun ,kursus desain grafis madiun ,kursus teknik di madiun



       7.      Companion Virus
Companion Virus juga adalahsalah satu jenis virus yang bisa mengganggu data-data pribadi kita. Virus ini sendiri susah dideteksi, sebab mempunyai kemampuan bersembunyi di dalam hardisk, dan bahkan bisa mengubah bentuk data anda menjadi bentuk data file palsu. Contohnya, Data Kita.jpg dirubah virus ini menjadi Data Kita.Apk. Dengan itu, otomatis anda akan dibuat kesulitan mencari data yang sesungguhnya.
Cara Mengatasinya
Tidak ada teknik yang sangat tepat untuk mengatasinya, pengguna hanya bisa mencegahnya dengan melakukan hal biasa, yakni menginstal dan membersihkan secara teratur lewat antivirus. Pengguna juga sangat disarankan untuk mengunduh software firewall sebagai benteng keamanan.

       8.      Polymorpic Virus
Polymorpic Virus adalahsalah satu virus yang sangat sulit untuk dideteksi dan dibersihkan, sebab virus ini sendiri mempunyai kemampuan yang sedikit pintar. Pasalnya, Polymorpic Virus bisa membuat dirinya bersandi dengan otomatis saat sedang menginfeksi sistem. Bahkan, virus ini serta mempunyai kemampuan untuk mengolah strukturnya dan memanipulasi antivirus supaya tidak menggolongkannya sebagai sebuah virus.
Cara Mengatasinya
Karena kemampuannya itu, maka Polymorpic Virus tidak bisa diatasi dengan mudah. Namun pengguna bisa mencegahnya dengan menginstal antivirus dan firewall.

       9.      Directory Virus
Directory Virus adalah sejenis virus yang bisa menginfeksi file berekstensi .exe, teknik kerjanya adalah membuat sebuah program .exe itu hilang atau error tanpa alasan jelas saat sedang dijalankan. Dan saat anda menjalankan program itu, maka secara otomatis virus ini juga akan bekerja dan bakal menginfeksi sistem lain. Jika virus ini telah mulai menginfeksi, komputer anda kemungkinan bakal melambat dan banyak program yang tidak bisa dibuka. Serta antivirus sendiri tidak mempan untuk membersihkan Directory Virus ini.
Cara Mengatasinya
Jikalau anda tidak menanganinya dengan segera, virus jenis ini bisa merusak seluruh file exe yang ada di komputer anda. Karena antivirus tidak bisa membersihkannya maka satu-satunya teknik mengatasi virus ini adalah dengan menginstal ulang sistem operasi komputer anda.

      10.  Macro Virus
Macro Virus biasanya akan mengganggu sekaligus menginfeksi file-file makro seperti .docm, .xls, .pps dan sejenisnya. Virus ini dibuat dengan bahasa pemrograman sebuah aplikasi, justru hal itu dinilai lebih susah dibanding dengan bahasa pemrograman sebuah sistem operasi. Untuk penyebarannya sendiri, Macro Virus sering kali datang dari email-email yang pengguna terima.
Cara Mengatasinya
Satu-satunya teknik yang bisa dilakukan adalah dengan tidak membuka email mencurigakan yang masuk lewat perangkat komputer anda.

      11.  Boot Sector Virus
Boot Sector Virus tidak menyerang program-program yang ada pada komputer anda, namun malah langsung menyerang bagian terkecil dalam hardisk yang dinamakan dengan sektor boot. Sementara Boot Sector Virus biasanya bersembunyi di dalam komponen floppy disk. Dengan kemampuan itu, virus ini lebih diunggulkan sebab bisa bergerak ke mana juga dan menginfeksi file apa juga yang ada pada hardisk itu.
Cara Mengatasinya
Virus ini bisa diatasi hanya dengan teknik melakukan pen-setting-an hard drive anda ke dalam mode write protect.

       12.  Overwrite Virus
Overwrite Virus ternyata memiliki kemampuan yang cukup hebat untuk sebuah virus, sebab mampu menghapus file atau data yang telah terinfeksi tanpa meminimalisir kapasitas hard disk komputer anda. Artinya, virus ini bisa menghapus berbagai  data yang ada pada perangkat komputer pengguna, baik itu data penting atau juga yang tidak semuanya bisa saja terhapus dengan otomatis tanpa meminimalisir kapasitas hardisk anda. Misalnya, anda mempunyai data sebesar 1 GB. Data itu kemudian hilang dengan otomatis disebabkan terinfeksi oleh Overwrite Virus. Meskijuga demikian, kapasitas hardisk anda akan tetap terpakai beberapa 1 GB walaujuga sebetulnya data itu telah terhapus.
Cara Mengatasinya
Biasanya data yang terinfeksi virus ini tidak benar-benar hilang dari hardisk. Oleh karena itu, teknik mengatasinya adalah dengan mencari data yang telah terinfeksi itu, kemudian menghapusnya supaya tidak menyebar ke file-file lainnya.

       13.  Direct Action Virus
Virus ini termasuk mudah dibersihkan dan biasanya sering menginfeksi jenis file Bat Autoxec yang ada pada hardisk. Direct Action Virus sendiri bakal aktif secara otomatis saat sistem operasi komputer dinyalakan. Bahaya yang lain dari virus ini adalah mampu menginfeksi perangkat eksternal seperti flashdisk dan lainnya.
Cara Mengatasinya
Karena termasuk virus yang tidak terlalu berbahaya dan mudah dibersihkan, maka Direct Action Virus bisa dihilangkan dengan teknik melalukan scanning secara rutin menggunakan antivirus.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.Jika ada kurang lebihnya dalam artikel ini mohon maaf.







       MORE INFO
Alamat : Jl. Graha Manis No. 10 Perum 2 Manisrejo Taman Kota Madiun
Telp. / Wa : 0813 5930 4039
Instagram : lkpfitrialbaasitu

Facebook : Fitri Al-Baasitu

Postingan Populer