13 Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah dan Jadi Cepat - KOMPUTER DI MADIUN | WA 0813 5930 4039 | PROMO KURSUS

Breaking

Kamis, 05 September 2019

13 Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah dan Jadi Cepat

kursuskomputermurahmadiun


kursus komputer madiun yang terpercaya bisa klikdisini kursus murah komputer, kursus komputer,kursus komputer magetan, kursus komputer nganjuk, kursus komputer ponorogo, kursus privat,kursus madiun,kursus office madiun,kursus bersertifikat, kursus murah,kursus komputer pemula,kursus yang beralamat Jl.Graha Manis No.10 Perum 2 Manisrejo Taman Kota Madiun

13 Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah dan Jadi Cepat

Laptop lemot memang tidak jarang kita jumpai ketika melakukan pelbagai pekerjaan. Hal ini tentu paling mengesalkan. Tapi kita tak butuh khawatir, sebab kami bakal memberi tips teknik mengatasi laptop lemot dengan sejumlah langkah simpel dan bakal mmebuat laptop jadi cepat kembali.
Kenapa laptop lemot? Layaknya produk elektronik lain, laptop juga dapat mengalami penurunan performa walaupun spesifikasi yang dibawanya sudah paling bagus. So, Anda mesti memahami penyebab laptop lemot tersebut sendiri.
Ada sejumlah penyebab laptop lemot yang umum terjadi, contohnya terlalu banyak software yang berlangsung di background. Apalagi beberapa software tersebut bakal aktif otomatis saat laptop dinyalakan. Artinya kian banyak software yang berjalan saat laptop digiatkan akan menciptakan kinerja perlengkapan jadi berat dan memerlukan proses booting yang lebih lama.
Penyebab laptop lemot lainnya terdapat pada hardisk, semakin lama umur hardisk dipakai maka kinerjanya pun akan berkurang. Efeknya akan dominan pada performa laptop secara keseluruhan, dimana proses read and write berlangsung lebih lama dari biasanya. Belum lagi situasi hardisk yang sudah sarat yang turut andil dalam menciptakan laptop menjadi lemot. Di samping itu, masih ada sejumlah penyebab beda yang memprovokasi kinerja laptop.
Dengan memahami penyebabnya, pasti Anda dapat mengambil tahapan kesatu perbaikan. Siapa tau cara supaya laptop tidak lemot dapat dikerjakan secara mandiri. Nah, berikut ialah cara menanggulangi laptop lemot yang dapat dilakukan. Tapi meski laptop lemot kita miliki, tenang saja, ada tidak sedikit cara untuk menanggulangi laptop lemot tersebut. Berikut caranya;

       1.      Uninstall Aplikasi Penyebab Laptop Lemot
Jika telah mempunyai laptop, terkadang kita hendak mencoba sekian banyak  aplikasi. Namun, andai kita terlampau terlalu tidak sedikit menginstall aplikasi, kapasitas penyimpanan pada Drive C bakal menjadi sarat dan menciptakan sistem terlampau lama menyimak hard disk.
Efek jangka panjangnya, pasti saja bakal menjadi di antara penyebab laptop lemot. Bagi mengatasinya, teknik paling ampuh ialah dengan mengerjakan uninstall terhadap software yang tidak pernah atau jarang digunakan.
Coba seleksi mana saja software yang jarang terpakai. Kamu dapat cek juga software yang tidak sengaja terinstall saat sedang mengerjakan browsing, lalu saat melakukan download konten dari situs tertentu, atau pada saat mengerjakan install.
Pakai software yang cocok dengan keperluan saja, sebab sangat sayang andai sampai kenangan penuh karena software yang tidak jarang menganggur. Dan ini mengakibatkan Laptop menurun kinerjanya.

       2.      Pakai Antivirus
Salah satu dalil klasik mengapa perangkat laptop menjadi lemot ialah karena terpapar virus atau malware. Layaknya manusia, laptop juga dapat terkena penyakit yang berdampak pada menurunnya performa laptop.
Untuk menanggulangi hal ini, pasang antivirus supaya laptop tidak lemot. Di samping itu, tidak jarang kali update antivirus itu supaya berbagai macam virus bisa terbaca dengan antivirus yang telah diinstall.

      3.      Pakai Aplikasi Bagi Mengatasi Laptop Lemot
Sebelum membeli, empunya laptop telah harus tahu spesifikasi dari laptop yang dimilikinya. Hal ini untuk menolong pemilik guna menilai apakah software yang hendak dimasukkan ke dalam laptop sudah cocok dengan spesifikasinya atau tidak.
Contohnya, anda menginstall game berat kesayangan padahal spesifikasi prosesor dan RAM tidak memadai. Apabila tetap memaksa memasang software itu di laptop, maka tidak boleh heran suatu ketika laptop bakal menjadi lemot.
Solusinya, tidak boleh memaksakan keterampilan si laptop. Pilah-pilihlah aplikasi pilihan yang dapat mengatasi laptop lemot biar buat ngebut cocok dengan situasi spesifikasinya.

      4.      Sesuaikan Penggunaan Aplikasi
Memaksakan kinerja RAM dengan menyalakan software secara berlebihan pun menjadi di antara penyebab laptop lemot. Sebagai contoh, saat kita sedang bermain game, kita tidak jarang ikut membuka software pemutar musik secara bersamaan. Padahal, pemrosesan game saja telah berat, namun masih diperbanyak dengan pemutar musik.
Sesuaikan pemakaian software dengan spesifikasi laptop kamu. Atau, kamu dapat mengaktifkan task manager guna mengontrol pemakaian RAM pada ketika menjalankan beberapa software sekaligus.

      5.      Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup Laptop
Menaruh banyak software di desktop juga dapat menjadi penyebab lain mengapa laptop kita menjadi pelan. Bila Anda memakai laptop dengan spesifikasi besar, maka urusan ini tidak bakal menjadi masalah. Tetapi terkadang kita membubuhkan terlalu banyak software pada desktop mengakibatkan laptop lemot dalam merespon perintah dari user.
Selain tersebut awasi juga software yang berjalan saat laptop sedang dalam kegiatan startup. Walau software yang berjalan ketika laptop startup ialah aplikasi penting, laksana antivirus.
Usahakan tidak boleh terlalu banyak software yang berjalan saat laptop startup, sebab ini bakal menjadi penyebab laptop lemot. Sebab software tersebut menjadi working in background, yang diam-diam memakan kapasitas RAM.

       6.      Tambah Kapasitas RAM
Cara menanggulangi laptop lemot lainnya terdapat pada peningkatan RAM. Awal, pada saat melakukan pembelian laptop terkadang Kita melakukan pembelian laptop yang lebih murah dengan RAM lebih rendah, contoh 4GB. Padahal Anda hendak mempunyai laptop yang lebih gegas. Penambahan kapasitas RAM 8GB atau RAM 16GB dapat disiasati sesudah Anda mempunyai kocek lebih.
Tapi tidak boleh asal meningkatkan kapasitas RAM, simaklah spesifikasi RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, serta RAM DDR4) dan pun kapasitas maksimal RAM yang dapat diaplikasikan pada laptop kita.

       7.      Lakukan Pembersihan Drive C
Layaknya manusia, andai laptop telah berusia tua, seringkali di atas 3 tahun, kinerjanya tentu akan menurun. Bagi itu, di antara solusinya ialah melakukan pembersihan drive C. Lakukan pun uninstall dari program dan juga software yang dirasakan memberatkan kinerja laptop untuk membetulkan kinerjanya.

      8.      Reset Ulang Windows
Usia laptop yang telah tua tidak melulu mempengaruhi kinerja hardware saja, tapi pun software. Salah satu yang sangat sering terpengaruh ialah sistem operasi (OS), khususnya Windows, sistem operasi yang paling tidak sedikit digunakan pada laptop. Jika Windows telah error, maka kinerjanya menjadi tidak optimal atau tidak jarang crash.
Bila telah terlalu parah, kami sarankan guna mereset atau menginstall ulang Windows kamu. Tapi, bila kamu tertarik, anda juga dapat mengubah Windows ke OS beda yang lebih enteng, laksana Linux, ada tidak sedikit OS berbasis Linux yang beredar ketika ini, tinggal anda pilih yang menurutmu sesuai.
Memang, mesti dinyatakan kalau Windows jauh lebih menyokong produktifitas dengan banyaknya fitur yang dibawa. Tapi paling tidak pergantian OS ini akan menciptakan kinerja laptop menjadi lebih baik.

     9.      Pakaikan Thermal Paste pada Prosesor
Thermal Paste ialah pasta yang bermanfaat untuk menenangkan dan mengawal suhu prosesor supaya tidak cepat panas. Dengan suhu prosesor yang stabil, pastinya akan menolong kinerja laptop menjadi lebih stabil pun dan tidak cepat lemot.

      10.  Pakai Cooling Pad atau Cooling
Kalau perlu, pakai perangkat cooling pad sebagai kipas ekstra yang berfungsi untuk mengawal suhu laptop supaya tidak terlampau panas. Dengan suhu laptop yang telalu panas, pasti membuat bisa jadi laptop menjadi lemot menjadi kian besar.
Di samping itu, kita juga dapat memakai vacuum cooler guna menyedot terbit udara panas di dalam laptop. Alat ini pun sangat menolong menjaga suhu laptop pada ketika bekerja.

      11.  Ganti Memori HDD Menjadi SSD
Salah satu penyebab laptop lemot ialah karena laptop masih memakai hardisk HDD yang mempunyai kecepatan data relatif lambat. Untuk menanggulangi hal ini, usahakan kita mengubah penyimpanan HDD di laptop ke penyimpanan SSD.
Cara ini dipastikan ampuh, sebab akan menolong proses booting jauh lebih cepat dan menciptakan laptop menjadi lebih rensponsif. Memang, mesti dinyatakan kalau harga SSD lumayan mahal, tapi andai Anda hendak laptop menjadi tidak lemot, teknik ini sangat dapat dipertimbangkan.

      12.  Pakai Aplikasi Pemacu Kinerja Laptop
Ada tidak sedikit cara menanggulangi laptop lemot. Salah satunya, si pemakai tidak optimal dalam memakai laptopnya. Salah satu solusinya ialah Anda dapat menginstall aplikasi khusus yang bermanfaat mendukung kinerja laptop supaya menjadi lebih cepat.
Ada banyak software dengan faedah ini, sebut saja CCleaner, Razer Game Booster, IObit Advanced SystemCare, Advenced System Optimizer, dan lainnya. Tinggal pilih mana yang menurut keterangan dari Anda sesuai.

      13.  Atasi Laptop Lemot dengan Disk Deframent Tools
Cara yang satu ini barangkali jarang diketahui oleh sejumlah pemakai laptop dan PC. Apalagi saat mengalami masalah laptop lemot dan lelet. Semakin banyak software yang kita miliki dalam pc dan laptop Anda, semakin lemot pc dan laptop kita dalam bekerja.
Anda dapat memanfaatkan tool Disk Defragment yang ada pada control panel. Melalui langkah analyze dan pun optimize file kita akan teratur sedemikian rupa, dan Anda dapat mengetahui berapa tidak sedikit file junk atau file sampah yang menciptakan lemot laptop dan PC favorit Anda.

Postingan Populer