11 Tips Cara Belajar Menggunakan Excel Dengan Cepat - KOMPUTER DI MADIUN | WA 0813 5930 4039 | PROMO KURSUS

Breaking

Kamis, 29 Agustus 2019

11 Tips Cara Belajar Menggunakan Excel Dengan Cepat

kursuskomputermadiun
kursuskomputer
kursusprivat
kursuskomputermurahmadiun
kursusmurah
kursusmadiun




kursus komputer madiun yang terpercaya bisa klikdisini kursus murah komputer, kursus komputer,kursus komputer magetan, kursus komputer nganjuk, kursus komputer ponorogo, kursus privat,kursus madiun,kursus office madiun,kursus bersertifikat, kursus murah,kursus komputer pemula,kursus yang beralamat Jl.Graha Manis No.10 Perum 2 Manisrejo Taman Kota Madiun


11 Tips Cara Belajar Menggunakan Excel Dengan Cepat

Ingin tahu bagaimana teknik belajar memakai Excel dengan cepat? Entah kamu pemakai komputer baru atau lama, pastinya kamu tahu Microsoft Excel. Ya, Excel adalahsalah satu unsur dari Microsoft Office laksana Word, PowerPoint, dan Access. Banyak sekali urusan yang dapat kamu lakukan di Excel. Dan mempelajari Microsoft Excel mulai dari mula mungkin menjadi urusan yang lumayan sulit guna anda.
Untuk itulah tulisan ini muncul untuk menolong dan memperkenalkan kamu cara belajar memakai Excel beserta teknik pengoperasian Excel dengan cepat. Semua tips yang ditulis ini adalahperintah dasar yang mesti kamu pahami, sehingga kamu bisa mengembangkannya lagi.
Istilahnya laksana ini: “Untuk menghitung luas segitiga, volume kerucut, dan menghitung integral, maka kita membutuhkan pengetahuan dasar matematika laksana pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian”. Istilah itu akan anda pakai di tulisan ini, sampai-sampai setelah kamu selesai membaca tulisan ini, diharapkan kamu sudah menguasai dasar dalam memakai Excel dan siap belajar urusan baru.
Langsung saja, ini dia tips-tips teknik belajar memakai Excel dengan cepat.
   1.      Perhitungan dasar
Excel memang ditujukan untuk mengubah data berupa angka yang bisa kamu tambah, ubah, dan manipulasi sesuai kemauan anda. Nah, mempelajari bagaimana teknik menghitung di Excel adalahlangkah mula untuk memahami konsep keseluruhan. Di Excel, guna menghitung angka dan memanipulasi data lainnya mempunyai istilahnya sendiri yaitu memakai “Fungsi”. Fungsi dapat dikatakan “rumus” supaya angka yangterbit sesuai yang anda inginkan. Untuk menciptakan Fungsi, kamu harus klik kotak yang terdapat di Excel dan ketik tanda “=” (sama dengan).
Memasukkan Formula Dan Melihat Hasilnya
Misalnya kamu ingin menghitung 5 + 5. Anda tentu sudah tahu bila hasilnya 10, jadi rumus lengkapnya ialah “5 + 5 = 10”. Di Excel, tanda “=” diketik terlebih dahulu, baru dibuntuti dengan rumusnya. jadi, untuk memperlihatkan hasil pertambahan, silahkan ketik di Excel “=5+5”. Setelah kamu tekan enter, maka hasilnya bakal keluar.
Berikut tanda/operator yang bisa kamu gunakan guna perhitungan dasar di Excel:
“+” Untuk mengerjakan operasi pertambahan.
“-” Untuk mengerjakan operasi pengurangan.
“” (Tanda bintang/SHIFT + 8) Untuk mengerjakan operasi perkalian.
“/” (Garis miring) Untuk mengerjakan pembagian
Pengembangan dan Latihan: Sekarang kamu tahu perhitungan dasarnya. Silahkan kamu membuat perhitungan perumahan seperti formula luas kerucut maupun yang lainnya dengan memakai operator diatas. kita juga dapat menggunakan tanda kurung guna memprioritaskan perhitungan. Contoh: (2+3) x 2 = 10.

   2.      Kalkulasi cepat dengan Autosum
Setelah kamu mempelajari bagaimana perhitungan dasar di Excel, ini saatnya untukkamu merasakan di antara kekuatan Excel yakni Autosum. Autosum disini merupakanfaedah yang bisa kamu gunakan guna kalkulasi cepat tanpa butuh repot-repotmemahami rumus perhitungannya.
·         Menggunakan Autosum
Misalnya kamu ingin menjumlahkan 10 angka di 10 sel dalam 1 kolom atau baris. Andalumayan menyeleksi seluruh sel itu dan klik Home > Autosum. Maka seluruh selitu akan dijumlahkan laksana gambar diatas.
·         Fungsi Autosum Lainnya
Di samping penjumlahan, kamu juga dapat menggunakan fungsi-fungsi lainnya pada menu Autosum laksana gambar diatas. Penjelasan guna masing-masing faedah tersebutialah sebagai berikut:
SUM: Penjumlahan
Average: Mencari nilai rata-rata.
Count Numbers: Mendapatkan jumlah sel yang diseleksi.
Max: Mencari nilai sangat besar.
Min: Mencari nilai sangat kecil.

   3.      Memformat angka
Format angka diperlukan jika kamu memasukkan data dengan jenis yang berbeda. Misalnya 100% tentu bertolak belakang dengan Rp. 100. Walaupun kamu mengetikkan sama-sama angka “100”, pemakaiannya berbeda. Di Excel, kamu bisa megubah bentuk angkanya cocok dengan yang diinginkan.
·      Mengubah Format Angka Di Excel
Silahkan kamu blok terlebih dahulu angka yang akan diolah formatnya. Kemudian padaunsur “Number”, klik menu gulir bawah yang bertuliskan “General”. Kemudian pilihbentuk angka yang kamu inginkan.

·      Format Angka Uang
Hasilnya bisa kamu lihat laksana gambar diatas. Ketika saya memilih “Currency”, maka secara otomatis Excel akan mengolah formatnya menjadi bentuk Rupiah.
Pengembangan dan Latihan: Silahkan kamu ubah formatnya menjadi Rp. 1.000.000,00 dengan menggunakan teknik diatas. Kemudian, ubah pun satuan uangnya, misalnyapakai dolar Amerika atau menjadi Yen Jepang. Gunakan juga bentuk angka lainnyalaksana tanggal.

   4.      Membuat tabel
Tips lainnya untuk teknik belajar memakai Excel dengan cepat ialah membuat tabel. Dengan menciptakan tabel, data yang kamu berikan bisa diorganisir di Excel lebihgampang lagi. Jangan memandang bahwa dengan memenuhi data di sel-sel di Excel, data tersebut telah menjadi Tabel. Anda butuh memformatnya terlebih dahulu, layaknya tips sebelumnya.
·      Membuat Tabel Di Excel
Silahkan kamu blok terlebih dahulu data tabel anda. Kemudian, bakal ada tombolekstra di pojok kanan bawah laksana gambar diatas. Klik unsur “Tables” dan klik “Table”.
·      Menyortir Tabel Excel
Setelah kamu melakukan urusan tersebut, maka tampilannya bakal menjadi laksana diatas. Dengan data yang telah menggunakan bentuk tabel ini, kamu bisa melakukansejumlah hal. Contohnya saja ketika kamu klik tanda panah bawah terhadap “Kumpulan Buku”, maka kamu bisa menyortirnya menurut huruf. Misal dari A ke Z atau Z ke A.

   5.      Membuat Chart/Grafik
Sebuah data dalam tabel bakal lebih menarik disaksikan jika dibuatkan suatu grafik. Karena tampilan visual pastinya lebih unik daripada melulu sekedar data angka saja. Dengan Excel, kamu dapat menciptakan grafik dengan gampang dan opsi grafiknya paling lengkap.
·         Memilih Data Yang Akan Dijadikan Grafik
Untuk menciptakan grafik, kamu perlu memilih data yang bakal ditampilkan. Pada gambar diatas, kamu bisa menyaksikan bahwa pengarang mempunyai dua buah tabel. Ada tabel harga kitab di sebelah kiri dan tabel penjualan di sebelah kanan. Disini, penulis hendak membuat grafik/chart yang memperlihatkan mana kitab yang palingtidak sedikit memperoleh untung.
·         Chart Di Excel
Setelah berlalu memblok dua kolom tersebut, silahkan klik menu “Insert” dan lihat pada unsur “Charts”. Disini, pengarang akan memakai opsi “Recommended Charts”, dimana Excel sudah meluangkan jenis grafik yang cocok dengan data yang pengarang blok atau seleksi.
·         Memilih Grafik Di Excel
Silahkan pilih jenis grafik yang ingin kamu pakai. Jika menurut kamu kurang cocok,kamu bisa mengklik tab “All charts” untuk menyaksikan semua jenis grafik. Jikatelah memilih jenis grafiknya, klik Ok.
·         Chart Di Excel Kostumasi
Jika sudah, maka tampilannya akan laksana diatas. Anda dapat melihat bahwa kitab Harry Potter ialah buku yang paling tidak sedikit untungnya. kita juga dapat mengganti tampilan grafik dengan teknik mengklik tombol “+” laksana gambar diatas. Bagi informasi lebih menyeluruh dari pengubahan data grafik, mengolah tampilan, dan lain-lain, kamu bisa kunjungi tulisan yang lebih menyeluruh diteknik membuat grafik ini.

   6.      Menggunakan Format Cell
Tidak terasa telah sampai tips yang ke-7 dalam mempelajari teknik belajar memakai Excel dengan cepat. Dengan Format Cell, kamu dapat melakukan sekian banyak  halunik untuk mengolah tampilan teks dalam sel. Misalnya saja, kamu ingin mengolah tampilan hurufnya menjadi miring. Hal tersebut pasti dapat dilaksanakan di Excel.
·         Merubah Tampilan Menjadi Miring Di Excel
Caranya ialah blok atau seleksi saja sel yang hendak diubah. Kemudian, klik kanan dan klik “Format Cell”. Kemudian pada unsur “Alignment”, geser saja dengan memakai pointer mouse pada unsur “Orientation” laksana gambar diatas. Jika sudah, klik Ok.

   7.      Menggunakan faedah manual
Sebelumnya, kamu sudah mempelajari bagaimana menggunakan faedah di Excel, yakni dengan mencoba faedah Autosum. Semua tersebut dapat kamu lakukan dengan melulu mengklik faedah yang ada. Namun terkadang, saat data di Excel anda sudah tidak sedikit dan kompleks, ada sejumlah kondisi dimana menggunakan faedah sepertiteknik sebelumnya tidak efektif. Bagi itulah, Excel pun sudah menenggelamkan fitur dimana kita dapat memasukkan faedah secara manual.
·         Menggunakan Fungsi Pertambahan Secara Manual Di Excel
Kita bakal mulai menggunakan faedah yang gampang dulu, yaitu faedah untukmeningkatkan data yang ada. Untuk urusan tersebut, silahkan kamu buat data angka dulu paling tidak 2 sel. Kemudian pada sel berikutnya, kamu bisa ketik “=sum(” (tanda tanda petik). Kemudian silahkan kamu seleksi atau blok data yang bakal ditambahkan. Pada gambar diatas, pengarang memilih seluruh data yang terdapat di A1 sampai A5. Jika sudah, tekan enter.
·         Hasil Pertambahan Di Excel
Hasil dari pertambahan bakal langsung muncul. Rumus atau kegunaannya pun bakal terlihat laksana pada gambar diatas. Penjelasannya ialah untuk memasukkan faedah secara manual, kamu perlu mengetikkan simbol “=”, dibuntuti dengan nama fungsinya. SUM disini ialah fungsi guna menambahkan data. Setelah itu, beri tanda “()” dankamu bisa memilih data yang bakal ditambahkan. Fungsi lengkapnya menjadi “=namafungsi(data_kesatu:data_terakhir)” dan bakal menjadi “=sum(A1:A5)”.
·         Perubahan Data
Perlu kamu ketahui pun bahwa Excel paling fleksibel. Studi kasusnya saat datakamu ternyata -terdapat kesalahan, namun kamu sebelumnya telah menghitung data tersebut. Jangan khawatir, ketika kamu mengganti data tersebut, secara otomatis jumlah dari data itu pun pun akan berubah. Contohnya pada gambar diatas, dimana penulis mengolah data yang terdapat di sel A5 berwarna kuning. Maka hasil pertambahannya pun bakal berubah juga.

   8.      Menggunakan Conditional Formatting
Dengan Conditional Formatting, kamu dapat mengubah data dengan tampilan yang lebih interaktif lagi. Misalnya kamu dapat menambahkan visualisasi tentang persentase data. Bagi lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini.
·         Conditional Formating Di Excel
Pada gambar diatas, pengarang menambahkan 2 jenis Conditional Formatting. Yang kesatu ialah penambahan bar dengan warna biru dan peningkatan tanda panah yangmengindikasikan persentase mana yang turun ataupun naik. Visualisasi laksana ini dapat menolong kita untuk menyaksikan secara cepat data mana yang cocok dengankriteria yang diinginkan.
·         Menggunakan Conditional Formatting
Untuk mengerjakan hal tersebut, lumayan pilih saja data yang bakal di ubah,lantas pilih pilihan “Conditional Formatting”. Lalu, pilih bentuk yang kamu inginkan. Seperti misal diatas, pengarang menggunakan bentuk “Data Bars”. Hasilnya dapat dilihat langsung di data yang sudah kamu seleksi sebelumnya.

   9.      Menggabungkan 2 kolom atau baris
Dari tips 1 hingga 9, kamu sudah dapat membuat tabel yang canggih dan interaktif dengan chart atau diagram. Namun seringkali semakin kompleks suatu tabel yanganda buat, tentunya kita berhadapan pada kondisi dimana kamu harus menggabungkan 2 kolom atau baris.
·         Tabel Tanpa Merge Di Excel
Jika kamu lihat gambar diatas, tabel menjadi tidaklah rapi. Karena sel C4 dan C5 tidak menyatu, sel E4, F4, dan G4 pun tidak menyatu. Bagi menyatukannya sangatlah mudah.
·         Cara Merge Kolom Baris Di Excel
Bisa kamu lihat di animasi di atas, caranya ialah anda melulu tinggal seleksi 2 kolom/baris atau lebih. Kemudian klik tombol “Merge & Center”. Nantinya, sel C4 dan C5 bakal menjadi satu. Anda dapat melakukan urusan yang sama terhadap yang lainnya dengan mudah.

   10.  Menggunakan Template guna mempercepat kamu dalam bekerja dengan Excel
Microsoft Excel mempunyai ratusan template siap gunakan yang dapat kamu gunakan di sekian banyak  kondisi maupun pekerjaan. Mulai dari menata jadwal kerja,menata pemasukan dan pengeluaran uang, absensi kerja, dan masih tidak sedikit lagi. Lalu, dimana kamu bisa mengejar template-template ini?
·         Template Awal Excel
Ketika kamu membuka Excel kesatu kali, Excel secara otomatis menyerahkan rekomendasi Template yang bisa kamu pakai laksana gambar diatas. Atau bila kamu sudah membuka suatu worksheet Excel, kamu dapat dengan mudah mengurangi tombol CTRL + N guna membuka sheet baru. Di kotak pencarian, kamu bisa menggali template sesuai kemauan anda. Jika kamu seorang manajer proyek, kamu bisa mengejar 10+ Template Excel Bagi Manajemen Proyek & Tracking yang bisa menghemat tidak sedikit waktu anda.

   11.  Menggunakan Add-in untuk meningkatkan fungsionalitas Excel
Tips terakhir teknik belajar memakai Excel dengan cepat yaitu memakai Add-in. Microsoft Excel sebetulnya sudah paling lengkap, sampai-sampai semua yang kamu pikirkan tentang pengolahan data sebetulnya bisa kamu lakukan bila kamu mengetahui caranya. Namun andai dirasa kamu memerlukan fitur tambahan, kamu dapatmemakai Add-in di Store guna Excel.
·         Add In Di Excel
Silahkan kamu akses Store guna Excel di menu “Insert” lantas klik “Store”. Silahkan temukan apa yang kamu inginkan. Misalnya saja penulis hendak memberikan notasi tentang kitab yang terdapat berupa informasi dari Wikipedia. Kemudian klik saja “Add” bila kamu menemukannya.


Postingan Populer